Waspadai Iming-iming iPad Baru oleh Scammers

CHIP.co.id - Waspadai Iming-iming iPad Baru oleh Scammers
Euphoria akan hadirnya “iPad baru” bukan saja berhasil memancing antrian penggemar Apple untuk melakukan pre-order baik di toko maupun melalui online. Tetapi lebih dari itu, ternyata para scammers pun turut menyambar kesempatan ini dengan memanfaatkan peluncurannya untuk melakukan jebakan di media sosial.
Trend Micro, baru-baru ini, telah mencatat beberapa posting di Facebook yang meng-klaim mereka akan memberikan “iPad baru” bagi pengguna yang beruntung.
Beberapa pengguna sengaja mem-posting link ini pada akun media sosial mereka seperti Facebook untuk meningkatkan poin mereka sebagai pengarah dan meningkatkan kesempatan untuk memenangkan “item” tertentu. Setelah pengguna meng-klik link tersebut mereka akan megunjungi sebuah situs yang meminta pengguna memasukkan alamat email.
Untuk meyakinkan pengguna, halaman tersebut menginformasikan bahwa hanya ada 2 sisa tempat yang tersisa. Setelah pengguna memberikan alamat email, pengguna kemudian diarahkan ke dalam sebuah halaman yang memperlihatkan bagaimana mekanisme kontes ini berjalan. Mereka juga meminta pengguna untuk:
  • Memposting kembali link tersebut ke banyak jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instant Messenger lainnya.
  • Menyalin link tersebut ke dalam blog pengguna.
Semua itu dilakukan sebagai bagian dari penentuan pemenang. Nah, dengan melakukan instruksi ini, tanpa disadari pengguna telah melakukan phishing, pada gilirannya menjadi spammer sendiri.
“Kepentingan umum di media sosial  menjadi alat yang ampuh bagi kejahatan cyber masuk ke dalamnya, dan mereka telah berulang kali menarik keuntungan di sini," ujar Myla Pilao, Director dari Trend Labs Trend Micro.

Jika dicermati dari kasus di atas perlu kita sadari adalah kunci untuk melawan serangan mereka. Kita sebagai individu perlu lebih proaktif tentang mendidik satu sama lain dan melindungi privasi kita di Internet.

sumber : http://chip.co.id/news/read/2012/03/15/1939424/Waspadai.Iming-iming.iPad.Baru.oleh.Scammers

0 Response to "Waspadai Iming-iming iPad Baru oleh Scammers"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme