Maraknya Kejahatan di Dunia Maya, Jelang Olimpiade 2012


CHIP.co.id - Maraknya Kejahatan di Dunia Maya, Jelang Olimpiade 
2012
Trend Micro menegarai makin banyaknya penipuan mendekati pembukaan Olimpiade 2012. Ajang pesta olahraga dunia tahunan yang akan diselenggarakan pada bulan Juli, di London ini menarik perhatian berbagai kalangan, tak terkecuali para pelaku kejahatan cyber. Mereka pun meluncurkan skema penipuan agar para user terjebak dengan cara mengakses link yang tertera di papan reklame pada layar utama.
User pasti sangat ingin menyaksikan upacara pembukaan Olimpiade 2012 yang diadakan di London secara langsung seperti yang dijanjikan oleh para sponsor Visa Golden Space demi menarik user untuk mengambil kesempatan hadiah paket perjalanan menuju acara tersebut. Padahal penawaran tersebut palsu.
Siapa yang tak ingin menyaksikan upacara penutupan Olimpiadi London 2012 secara langsung? Dan saat ada yang melihat penawaran tersebut, tentu saja sangat sulit untuk menolaknya. Visa Golden Space seolah menawarkan iming-iming hadiah paket perjalanan untuk menonton acara tersebut secara langsung. Padahal penawaran yang ada itu sesungguhnya tidak pernah ada.
Trend Micro juga menemukan adanya malware atas sebuah file Early Check-In 2012 London Olympics.doc. File ini terdeteksi TROJ_ARTIEF.XPL, yang memuat RTF Stack Buffer Overflow Vulnerability dan ditemukan dibeberapa versi pada komponen Microsoft Office. Jika berhasil, malware ini akan merusak beberapa sistem di komputer yang terdeteksi oleh Trend Micro sebagai  TROJ_DROPHIN.A dan  TROJ_PHINDOLP.A.
Ini bukan skema kali pertama yang digunakan dalam event ini untuk menarik perhatian para user untuk mengakses link yang tersedia. Di awal tahun 2008, Trend Micro menemukan adanya  spammed message yang mengaku undian yang ditarik oleh Komite Olimpiade 2012 di London.
Kami juga melaporkan adanya spam campaign yang mengatasnamakan Olimpiade London 2012. Ditambahkan  pula, social engineering e-guide kami menjelaskan rekayasa tersebut selalu dipenuhi pada saat musim-musim tertentu yang menjadikan user sebagai target sasarannya. Penawaran online tersebut sekilas tampak nyata, namun banyak email mencurigakan memancing para user.  Semua taktik ini dapat menyebabkan Anda secara tidak sengaja memberikan informasi pribadi untuk malware yang diunduh pada komputer Anda.
Informasi pribadi yang Anda berikan tidak sebanding dengan risiko kesempatan untuk memenangkan undian yang sesungguhnya tidak pernah ada. Sebelum Anda klik link sebuah email, ada baiknya selidiki terlebih dahulu lebih jauh.

sumber : http://chip.co.id/news/read/2012/04/17/2114424/Maraknya.Kejahatan.di.Dunia.Maya,.Jelang.Olimpiade.2012

0 Response to "Maraknya Kejahatan di Dunia Maya, Jelang Olimpiade 2012"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme