Tes Perbandingan Motherboard: Siapa Pasangan Terbaik Bagi Intel X79?


Tes-Perbandingan-Motherboard-Intel-X79 Kemunculan platform Intel X79 pada akhir tahun 2011 menjadi banyak perbincangan di kalangan komunitas overclocker dan para enthusiast. Pasalnya, platform Intel X79 telah memecahkan berbagai rekor dunia yang sebelumnya menggunakan platform X58. Hal ini karena platform Intel X79 memang didesain untuk menggantikan platform X58 yang telah menjadi king of performance selama tiga tahun.
Setidaknya hingga satu tahun kedepan belum ada indikasi dari Intel untuk meluncurkan sebuah platform yang mempunyai performance di atas X79. Ivy Bridge yang digadang-gadang akan menggunakan fabrikasi 22nm hanya akan berada satu level di bawah X79 dan masih akan menggunakan soket Z68 dan yang terbaru nantinya soket Z77. Dengan demikian, dapat dikatakan tahun 2012 akan menjadi tahun milik Intel X79.
Lalu, motherboard apa saja yang telah hadir di pasaran Indonesia yang dapat disandingkan dengan sang raja. Kali ini, CHIP akan memberikan gambaran melalui sebuah tes perbandingan motherboard dengan chipset Intel X79 yang telah banyak beredar di pasaran.
Tidak tanggung-tanggung, pada tes perbandingan kali ini CHIP berhasil mengumpulkan 12 motherboard dari empat produsen besar yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Masing- masing mengirim tiga buah motherboard andalanannya untuk diuji pada tes perbandingan kali ini. ASRock hadir dengan X79 series yaitu Extreme3, Extreme4 dan Extreme9. ASUS tidak mau ketinggalan dengan mengirimkan tiga buah motherboardnya yang masing-masing memiliki segmen yang berbeda, yaitu P9X79-DELUXE, Rampage IV Extreme, dan SABERTOOTH. GIGABYTE mendatangkan tiga kesatrianya, yaitu X79-UD3, X79-UD5, dan X79-G1 ASSASSIN2. Tidak kalah menarik, MSI mendatangkan tiga motherboard andalannya, yaitu X79A-GD45, X79A-GD65 8D, dan yang paling terbaru adalah BIG BANG XPOWERII. Sangat disayangkan tidak munculnya beberapa produsen motherboard lain yang biasanya turut serta dalam tes perbandingan sebelumnya seperti ECS, VVIKOO, JETWAY, dan BIOSTAR dikarenakan alasan tertentu.
ASRock X79 Extreme3
Produk pertama yang diuji dalam tes perbandingan kali ini adalah ASRock. Pabrikan motherboard asal Taiwan ini mengirimkan tiga motherboard andalannya dalam tes perbandingan kali ini , yaitu X79 Extreme3,  X79 Extreme3, dan X79 Extreme9.  Ketiganya berada dalam satu line-up yang sama namun memiliki tingkatan performance yang berbeda.
ASRock X79 Extreme3 hadir dengan balutan warna hitam yang dominan yang memberikan kesan garang dan extreme. Desain heatsink pada bagian PWM maupun chipset mendukung kesan futuristik yang dalam. Ditambah dengan penggunaan gold caps semakin menambah eksotis tampilan board ini.
Dengan tiga buah slot PCI-E generasi ketiga, ASRock X79 Extreme3 mendukung penggunaan multi-GPU hingga 3-Way SLI/CrossFireX.  Selain itu, empat buah memory slot-nya mendukung hingga 32 GB dengan kecepatan hingga PC3-19200 atau setara dengan 2400 Mhz melalui overclocking.
Dengan harganya yang paling terjangkau dapat menjadi pertimbangan tersendiri bagi yang ingin mencicipi performa sang raja. Mengingat performa dan harga prosesornya yang tinggi, ASRock Extreme3 menawarkan sesuatu yang terjangkau dan memiliki performa yang baik.
ASRock X79 Extreme4
ASRock X79 Extreme4 hadir dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, ASRock X79 Extreme3. Warna yang sama, desain heatsink yang sama, dan ukuran yang sama sepertinya menjadi sangat sulit menentukan perbedaan keduanya. Setelah diteliti dengan seksama ternyata ASRock Extreme4 telah dilengkapi dengan debug LED dan tombol power. Selebihnya perbedaan hanya dapat dilihat dari  performanya.
Pada bagian chipsetnya selain menggunakan pasif heatsink, ASRock X79 Extreme4 juga menambahkan mini fan yang disebut dengan X-fan untuk membuang panas. Uniknya, X-fan ini dilengkapi dengan thermal sensor dan hanya akan berputar saat mencapai panas yang berlebihan pada bagian chipset. Jika panas normal maka X-fan tidak akan berputar sehingga tidak menimbulkan suara yang mengganggu.
Dengan tiga buah PCI-E 3.0, ASRock X79 Extreme4 sama seperti motherboard dari MSI, GIGABYTE X79UD-5, dan ASUS P9X79-DELUXE yang mendukung penggunaan multi-GPU hingga 3-Way SLI/CrossFireX. Pada paket penjualannya, ASRock X79 Extreme4 menyertakan pula 3-Way SLI Bridge dan CrossFireX cable selain paket penjualan lainnya yang umum kita temukan pada paket penjualan sebuah motherboard.
ASRock X79 Extreme9
Satu lagi varian dari ASRock yang mirip dan serupa karena merupkan masih satu keluarga dengan seri sebelumnya. Kali ini yang masuk dalam pengujian adalah motherbord yang berada dalam line-up tertinggi dari ASRock, yaitu X79 Extreme9.
Produk ini hadir dengan desain yang tidak jauh berbeda de­ngan kedua motherboard sebelumnya dengan warna hitam yang dominan, ditambah dengan heatsink yang lebih besar dan lebih garang pada bagian PWM dan chipsetnya. Tidak ketinggalan, thermal X-fan  pada bagian chipsetnya melengkapi tampilan ASRock X79 Extreme9.
Tes-Perbandingan-Motherboard-Intel-X79
Motherboard ini mendukung penggunaan memori hingga 64 GB dengan delapan memori slotnya sama seperti seri motherboard extreme dari ketiga produsen yang lain. Selain itu ASRock X79 Extreme9 juga dilengkapi dengan berbagai feature khusus yang selalu menjadi ciri khas high-end motherboard. Salah satu yang menjadi andalannya adalah ASRock Game Blaster, yaitu sebuah sound card dari Creative yang memberikan kualitas suara 3D dengan 7.1 channel yang akan memaksimalkan pengalaman gaming Anda.
ASUS P9X79-DELUXE
Motherboard  pertama dari ASUS yang hadir dalam tes perbandingan kali ini adalah ASUS P9X79-DELUXE.  Motherboard ini hadir seperti biasanya dengan warna coklat pada board dan biru metalik pada bagian heatsink yang menutupi bagian PWM dan chipset-nya.
Dengan delapan slot memori, ASUS P9X79-DELUXE dapat menampung memori maksimal hingga 64 GB dan mendukung hingga PC3-19200 (DDR3-2400) dengan feature overclocking. Selain itu, ASUS P9X79-DELUXE juga menambahkan chipset Marvell 9128 controller sebagai tambahan dua buah slot SATA3 6GB/s untuk storage Anda. Berbeda dengan motherboard dari GIGABYTE yang menggunakan controller dari Fresco Logic, ASUS P9X79-DELUXE menggunakan tiga buah Asmedia USB 3.0 controller yang memberikan hingga enam buah slot USB 3.0, yaitu masing-masing empat slot pada bagian backpanel dan dua slot tambahan melalui USB 3.0 header.
Menariknya, ASUS P9X79-DELUXE memiliki dua buah LAN slot yang masing-masing menggunakan Intel 82579V Gigabit LAN dan Realtek 8111E Gigabit LAN controller. Selain itu, pada paket penjualannya ASUS P9X79-DELUXE menyertakan tambahan ASUS Bluetooth 3.0 device dan Wi-Fi Ring Antenna yang dapat digunakan untuk mempermudah konektivitas perangkat mobile Anda. Hal serupa hanya ditemukan pada GIGABYTE X79-UD5.
ASUS RAMPAGE IV EXTREME
Motherboard kedua dari ASUS yang mengikuti tes perbandingan kali ini datang dari line up motherbord tertinggi yang dimiliki oleh ASUS hingga saaat ini, yaitu ASUS RAMPAGE IV EXTREME. Motherboard yang termasuk ke dalam keluarga Republic of Gamers ini pastinya tidak asing lagi bagi Anda. Hadir dengan warna khasnya dengan dominasi warna merah dan hitam pada boardnya memberi kesan yang extreme yang mendalam. CHIP memperkirakan ASUS RAMPAGE IV EXTREME akan bersaing ketat dengan motherboard dalam jajaran kasta tertinggi dari MSI, yaitu MSI BIG BANG XPOWER II.
ASUS RAMPAGE IV EXTREME memang didesain khusus untuk para enthusiast dan penggila overclocking dengan berbagai feature overcloking yang mendukung di dalamnya. Dengan feature LN2 mode dan sub-zero sense, ASUS RAMPAGE IV EXTREME sangat cocok untuk digunakan pada kondisi extreme sekalipun dengan berbagai solusi pendingin termasuk Liquid Nitrogen (LN2).
Tes-Perbandingan-Motherboard-Intel-X79
Selain feature yang telah disebutkan tadi, ada sesuatu yang menarik yang tidak ditemukan pada motherboard lain pada tes perbandingan kali ini, yaitu VGA Hot Wire dan OCKey. Kedua feature ini digunakan untuk melakukan overclocking graphics card sekaligus memonitor kondisi graphics card secara realtime me­lalui software yang disediakan oleh ASUS.
ASUS X79 SABERTOOTH
Motherboard ketiga dari ASUS yang diuji dalam tes perbandingan kali adalah ASUS X79 SABERTOOTH. Hadirnya ASUS X79 SABERTOOTH dalam tes perbandingan ini semakin menambah ramai varian motherboard yang akan CHIP uji.
Produk ini hadir dengan desain khas SABERTOOTH dengan kualitas komponen yang telah teruji sesuai dengan sertifikasi yang telah diberikan. Dominasi warna cream dan penggunaan Cream!X heatsink menjadi ciri khas utama yang melekat pada semua motherboard ASUS SABERTOOTH series.
Tes-Perbandingan-Motherboard-Intel-X79
Kali ini, ASUS X79 SABERTOOTH hadir dengan tambahan teknologi Thermal Armor yang berbeda dari seri sebelumnya yang dilengkapi dengan dua buah fan pada bagian chipset dan PWM., sehingga memberikan air flow yang baik pada permukaan board dan membuang panas dengan lebih baik.


0 Response to "Tes Perbandingan Motherboard: Siapa Pasangan Terbaik Bagi Intel X79?"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme