Tips Memilih Power Supply Berkualitas

Karena seringkali banyak korban dari PSU abal-abal, saya kasih tips deh buat milih PSU(Power Supply Unit) yang berkualitas.Well, dalam memilih PSU masih banyak orang yang beranggapan kalau sudah memiliki watt yang cukup tinggi, pasti sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan komputer. Sebetulnya dalam membeli PSU jangan hanya faktor besaran Watt yang dijadikan alasan, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

1. Besar Daya yang Dibutuhkan Sistem
Yang pertama sudah jelas berapa daya yang dibutuhkan komputer anda? Banyak sekali PSU dengan daya mulai dari 300Watt -1000Watt, untuk lebih jelas lebih baik kita cek dulu seberapa besar daya yang dibutuhkan komputer kita, untuk kebutuhan daya komputer kita bisa cek disini http://extreme.outervision.com/psucalculator.jsp Tapi ingat! yang ditampilkan hanya daya minimal yang diperlukan untuk komputer anda, jadi lebih baik anda membeli PSU yang mempunyai daya yang lebih besar dari kebutuhan minimalnya.

2. Efisiensi
Pada dasarnya, prinsip kerja PSU adalah merubah arus Alternative Current(AC) menjadi arus (Direct Current) yang dibutuhkan komputer.Efisiensi sendiri memiliki pengertian antara banyaknya daya yang diambil dari sumber listrik dengan daya yang dikeluarkan oleh komputer. Sebagai contoh, sebuah PSU mengambil daya 500 Watt dari jaringan listrik dan menghasilkan output 400 Watt, berarti PSU ini memiliki efisiensi 80%(400/500=80%). Keuntungan lainnya dari PSU dengan efisiensi tinggi adalah hemat listrik dan menjaga suhu casing yang lebih rendah karena dapat menghemat daya yang dikeluarkan. Bagaimana mengetahui apakah PSU tersebut memiliki efisiensi yang tinggi dapat dilihat di . Dan beberapa produsen sudah menyertakan logo 80plus pada produknya.




Memang sebuah PSU dengan efisiensi tinggi memiliki harga yang agak mahal sedikit, tapi lebih menghemat listrik di rumah anda :iconbiggrin: :iconbiggrin:

3. Jenis Rail
Dalam PSU terdapat beberapa jenis tegangan rail, +3,3v, +5v, +12v, -5v, dan -12v. Sebenarnya daya yang dikeluarkan PSU juga bergantung pada jumlah daya di masing-masing rail. Output daya dapat dihitung dengan cara tegangan*kuat arus (Volt*Ampere).

Dari gambar di atas dapat dilihat Pada rail +12v memiliki kuat arus 29 ampere, jadi total daya yang dikeluarkan (12*54) 648 Watt. Dan begitu juga perhitungan pada rail yang lainnya dan dijumlahkan mendapat total output daya dari PSU tersebut adalah 650 Watt. Sebelum membeli pastikan simak tabel daya rail yang biasanya ada di body PSU atau pada boks.

4.Macam-macam Konektor

Macam-macam hardware dalam komputer anda memerlukan beragam jenis koentor untuk menyuplai daya ke hardware anda. Beberapa jenis konektor tersebut adalah

-Konektor ATX12V (20/24 Pin)

Untuk menyuplai daya ke motherboard anda. Pada motherbord baru memerlukan 24 pin konektor, sedangkan yang lama memerlukan 20 pin konektor.
-Konektor EPS12V (4/8 Pin)

Berguna untuk menyuplai daya dari PSU ke Processor anda.
-Konektor PEG (PCI-Express Graphic)

Konektor ini digunakan untuk menyuplai daya ke VGA Card anda, konektor PEG memiliki 2 macam jenis yaitu 6 pin dan 8 pin
-Konektor SATA dan IDE

Koneksi lain yang dibutuhkan perangkat berbasis SATA yang ada (HDD atau ODD), jika kurang konektor sata bisa dibentuk dari power untuk peripheral lainnya. Konektor peripheral biasanya disebut dengan Molex, digunakan untuk peripheral optik berbasis IDE.

0 Response to "Tips Memilih Power Supply Berkualitas"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme