The Sims 2: Open for Business

Saat bermain The Sims, ketika career sudah mencapai puncak, skill point sudah nyaris maksimum semua, biasanya kita bingung mau melakukan apalagi dengan permainan ini. Yang biasa kita lakukan mungkin adalah membuat keluarga besar dengan anak cucu yang banyak, membentuk satu batalyon pasukan zombie, atau bikin kota vampire misalnya. Namun kini tersedia expansion The Sims 2 yaitu Open for Business (OFB) yang mungkin bisa mengatasi kebosanan anda bermain The Sims.


Berikut ini sedikit informasi untuk OFB:

The Sims 2: Open for Business Expansion
Publisher: Electronic Arts
Developer: Electronic Arts
Genre: Simulation
Release Date: March 2, 2006

Di Open for Business, kita bisa membeli community lots untuk dijadikan lahan usaha baru, atau membuka bisnis di rumah sendiri. Bisnis yang dilakukan juga bisa macam-macam. Dari berjualan barang elektronik, furniture, art gallery, jualan mobil (kalau meng-install nightlife), buka restoran (harus ada nightlife juga haru di community lots) atau buka tempat refreshing seperti taman, tempat clubbing, sampai kolam renang umum.

Di dunia nyata, mengelola bisnis nggak segampang membalikkan telapak tangan. Di Sims 2 juga kira-kira sama susahnya. Kecuali tentunya kita nggak bisa membalikkan telapak tangan, karena tangan kita memegang mouse terus. Kita harus pintar-pintar mainkan harga, pilih-pilih karyawan, dan memberikan tugas sesuai dengan talent mereka.

Yup, OFB memperkenalkan sistem talent badges. Kira-kira mirip skill-skill dasar, cuma ini lebih business oriented. Misalnya, sims yang punya talent di bidang sales akan lebih efektif mempromosikan barang dagangan, atau talent cashier mempercepat proses pencatatan transaksi dengan mesin kas. Talent ini akan naik levelnya seiring dengan semakin sering sims tersebut menjalani tugasnya. Ada 3 level di tiap talent. Mulai dari bronze, silver, dan terakhir gold. Kecepatan talent naik level juga dipengaruhi dengan skill dasar. Jadi, skill point juga tetap harus dinaikkan (kecuali kalau anda ingin sims anda keburu tua baru mendapat level gold).


Kalau yang di atas keliatan gampang, ya memang kalau anda membuka bisnis rumahan. Masalahnya, kalau anda membuka bisnis di community lots, anda akan kerepotan bolak-balik dari rumah ke tempat bisnis (dan tentu akan bosan karena harus menunggu proses loading yang lama). Tanpa kehadiran anda sebagai manajer, bisnis tidak akan jalan dan tidak akan ada pemasukan. Jam kerja anda juga dibatasi dengan needs dari sims anda dan needs karyawan anda.

Di atas setiap karyawan ada indikator yang bentuknya bulat sebagai simbol dari needs mereka. Kalau masih hijau, beararti masih fresh. Kalau merah, ia akan take a break dulu untuk mengisi lagi needse mereka (bisa bladder, fun, social, hunger, atau lainnya). Karyawan kita juga perlu diperhatikan kesejahteraannya. Kalau anda sering membuat mereka kerja lembur dengan gaji minim, tidak berapa lama karyawan-karyawan anda akan kabur semua.

Nantinya, anda bisa menunjuk salah satu karyawan sebagai manajer. Tentu ada syaratnya. Sims yang ditunjuk harus memiliki talent badges dengan nilai 5. Bukan 5 talent badges. Begini, satu satu talent badges punya nilai sesuai level. Talent badges gold = 3, silver = 2, bronze = 1. Jadi untuk menunjuk karyawan jadi manajer, paling nggak dia harus punya 1 gold 1 silver, atau 1 gold 2 bronze, atau klo anda mau, 5 bronze juga bisa. Kalau tempat bisnis anda sudah ada manajernya, anda tinggal cek saja dari rumah lewat telpon, and let the bling-bling comes. Kalau dapet laba loh, karena bisa saja setelah dikelola manajer, bisnis anda malah merugi.


Setiap pelanggan yang datang ke toko anda akan memberikan star rating, tergantung dari servis anda terhadap mereka. Kalau bagus, star rating anda akan bertambah. Kalau servis yang anda berikan cuma abal-abal, star rating anda akan berkurang terus. Kegunaannya? Star rating menaikkan business level. Setiap level butuh syarat sejumlah beberapa star rating. Makin tinggi business level anda, selain banyak pelanggan yang datang, anda akan mendapet abilities yang namanya business perks (Jangan tanya saya arti kata ini kalau di-Indonesia-kan).

Abilities business perks berguna untuk bisnis anda, misalnya dapet diskon pembelian lebih besar dari supplier, reward berupa uang tunai, kemampuan memotivasi karyawan agar lebih giat bekerja, dan masih banyak lagi. Kalau business level anda rendah (bahkan bisa sampai minus, yang saya alami sewaktu pertama kali membuka lahan bisnis), maka lahan bisnis anda akan sepi pengunjung dan otomatis nggak ada pemasukan, dan siap-siap saja gulung tikar dan terpaksa jual tanah (kecuali kalau anda melakukan cheat motherlode).

About gameplay basics, fitur yang paling keliatan (tapi kayaknya nggak pernah ada yang peduli) cuma sistem penguncian pintu. kalau dulu setiap akan membuat ruangan pribadi harus membuat myne door lalu memasang foto sims anda dan anda kunci, sekarang anda tinggal klik setiap pintu dan anda bisa atur siapa aja yang boleh lewat pintu itu. Selain itu, interaksi sosial baru yang saya lihat cuma interaksi di play. Sekarang kita bisa menyuruh sims kita bermain rock-paper-scissor. Permainan jadul yang anehnya baru muncul di Sims 2. So, what's next, petak umpet?

About objects, benda-benda baru yang bisa dibeli kebanyakan untuk mendukung usaha memperkaya diri sims anda. Ada mesin kasir (dari yang modern seperti di minimarket sampai yang tempo doeloe seperti punya kakek gue), lalu mesin tiket (yang ini biasa digunakan di lahan tempat refreshing, yang sistemnya menurut saya kira-kira seperti parkiran mobil. Semakin lama anda berdiam di situ, semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan), display rack dan display table untuk memajang barang dagangan, dan yang paling saya suka, workbenches (saya pribadi tidak tau nama resminya apa, saya menggunakan istilah dari SWKoTOR karena fungsinya mirip). Ada tiga jenis workbench untuk sims anda membuat "sesuatu". Muali dari mainan (toys), robots, atau merangkai bunga (bonquets). Gunanya? Ya hasil kerja sims anda bisa untuk dijual, dan juga ada fungsi-fungsi lainnya.


About buildings, skarang membangun rumah semakin fleksibel dengan penambahan fitur baru seperti atap kerucut a la kastil-kastil eropa abad pertengahan, jendela full transparan (cocok untuk membuat showroom), dan sekarang kita bisa membuat elevator alias lift. Bagus sih untuk bangunan tinggi, cuma kadang-kadang lebih efektif menggunakan tangga. Karena seperti di dunia nyata, memakai lift memang nyaman, tapi anda harus menunggu lift-nya datang dulu baru bisa naik/turun. Masalahnya, dalam Sims 2, waktu amat singkat dan berharga. Selain itu, kita juga bisa membuat tenda seperti di kafe-kafe. Dilihat dari fungsi, tampanya nyaris tidak ada, jadi hanya sebagai estetika aja.

Salah satu yang saya suka dari OFB ini adalah Servo! Sekarang kita bisa membuat servo untuk membantu mengurus rumah atau mengurus lahan bisnis. Kalau di Sims 1 servo cuma jadi NPC untuk bantu-bantu dna di SimCity 4 jadi robot penghancur sebesar MegaZord-nya Power Rangers, di sini servo bisa kita kontrol layaknya sims biasa dan bisa disesuaikan gendernya (walaupun bedanya cuma di kepala doang).

Servo juga punya aspiration, turn-on/turn-off, personality, dan skill yang sama seperti Sims yang mengaktifkannya. Bedanya, skill servo otomatis punya 10 mechanical, cooking, dan cleaning ditambah skill dari sims yang mengaktifkan dia. Untuk talent badges, dia random, tidak selalu sama dengan sims yang mengaktifkan servo tersebut. Sebagai informasi, servo juga butuh fun, butuh social dan berinteraksi dengan sims lain, bahkan bisa juga fall in love. Servo tidak perlu makan, ke WC, mandi (peringatan: jangan pernah menyuruh servo mandi!), atau tidur. Dia cuma butuh di-charge saja dengan sinar matahari sewaktu siang.

Cara mendapatkan servo? Di sims 2 OFB servo tidak bisa dibeli seperti pada Sims 1. Dia harus dibuat lewat workbench, dan talent badges robotics pembuatnya harus gold. Untuk membuat satu unit servo-pun diperlukan perjuangan.


Sebenernya masih banyak yang baru dari OFB yang belum disebutkan di atas. Now, it's up to you now to find them.

0 Response to "The Sims 2: Open for Business"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme