5 Risiko Menggunakan Android

KELEMAHAN keamanan ditemukan di beberapa perangkat Android saat terkoneksi ke jaringan komputer. Berikut ini risiko-risikonya.




1. Kelemahan keamanan piranti lunak

Smartphone menjadi komputasi berkekuatan penuh ketika dilengkapi sistem operasi dan aplikasi. Pengguna seringkali tidak khawatir tentang layanan update dan upgrade perangkat mereka.

Aplikasi yang terinstal berisiko terdapat cacat yang tidak terdeteksi. Solusinya adalah buat backup data secara teratur. Lalu atur ulang perangkat ke default pabrik setiap beberapa bulan dan instal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan.

2. Rooting ponsel


Rooting
atau 'jail breaking' memang mempermudah akses aplikasi penuh ke perangkat Anda. Namun ini berisiko besar karena meningkatkan akses root dan bisa mengekspos data pribadi Anda.

3. 'Comprised' ponsel


Notifikasi mengenai perangkat di jaringan bisa memeriksi alamat IP eksternal. Hal ini terjadi terkait dengan PC di jaringan dan staff IT. Ditemukan juga pada ponsel pintar yang terhubung ke jaringan nirkabel. Bisa saja aplikasi jahat yang diinstal dan pemiliknya tidak menyadari ponsel melakukan pemindaian jaringan.

4. Raja konektivitas

Ponsel pintar sudah mendukung wi-Fi, bluetooth dan USB. Apalagi ponsel masa depan direncanakan memiliki chipset komunikasi agar handset bisa bertransaksi melalui perangkat NFC. Semua konektivitas ini akan menjadi beban manajer IT karena membuka lubang jaringan mereka saat terhubung ke komputer.

5. Kebocoran data

Jika Anda lebih memperhatikan ponsel pintar atau perangkat mobile lainnya di jaringan harus melakukan langkah ini. Sebaiknya pertimbangkan mekanisme otentifikasi seperti 802.1X yang mengharuskan pengguna mengidentifikasi diri sebelum memperoleh akses ke jaringan.

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediagadget/index.php/read/2011/10/08/2369/1/5-Risiko-Menggunakan-Android

0 Response to "5 Risiko Menggunakan Android"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme