TEntang ubuntu

Bagaimana cara mencari tahu versi Ubuntu yang anda gunakan?

Pada command line terminal ketikkan :

$ lsb_release -a

Bagaimana cara mencari tahu versi dari kernel anda?

Pada command line terminal ketikkan :

$ uname -r

Versi terbaru dari Ubuntu

  1. Ubuntu memiliki siklus rilis enam bulan sekali, dengan rilis pada bulan April dan Oktober.
  2. The penerus untuk Ubuntu 8,10 adalah Intrepid Ibex Ubuntu 9,04 Jaunty Jackalope, dijadwalkan untuk rilis pada bulan April 2009. Ini tidak akan menjadi versi LTS.
  3. Berikutnya LTS (Long-term support) pada versi Ubuntu 9,10, dijadwalkan untuk rilis pada bulan Oktober 2009.

Versi Lama dari Ubuntu

  1. Hardy Heron (LTS 8,04) (Dukungan Jangka Panjang versi desktop dengan dukungan sampai April 2011 dan server mendukung sampai April 2013)
  2. Gutsy Gibbon (7,10) (didukung sampai April 2009)
  3. Feisty Fawn (7,04) (tidak didukung)
  4. Dapper Drake (6.06 LTS) (Dukungan Jangka Panjang versi desktop dengan dukungan sampai Juni 2009 dan server mendukung sampai Juni 2011)

Intrepid Ibex secara harfiah berarti "kambing gunung yang gagah berani", ini dapat menjadi pilihan anda sebagai sistem operasi yang dapat dioperasikan dengan mudah. Berikut ini akan dibahas beberapa Fitur Ubuntu Linux 8.10 Intrepid Ibex:

GNOME 2.24

Desktop manager default ubuntu ini menawarkan kemudahan bagi pengguna, khususnya pengguna yang tidak ingin direpotkan dengan konfigurasi x-window. Beberapa fitur baru yang desktop manager ini :

Aplikasi pelacakan waktu (time tracking)

Aplikasi ini memudahkan anda untuk mengetahui apa saja yang sudah anda lakukan selama menggunakan desktop ini, aktivitas copy, paste , browsing dan lain sebagainya akan tercatat secara otomatis didalam Deskbar Search yang biasa terletak pada panel desktop bagian atas, tampilan panel deskbar applet nya seperti pada gambar berikut ini ;

Dengan menetikkan kata kunci pada field search, makan secara otomatis pada bagian bawah field akan menampilkan beberapa nama file dan kegiatan yang berkaitan, jika kita pilih dengan mengeklik pada list file, maka file yang bersangkutan akan diload/dibuka;

Audio/Visual Conferencing berbasis SIP bernama EKIGA, yang bekerja dengan baik pada semua USB webcam atau Headphones

Ekiga adalah aplikasi default SIP dan H.323 yang disertakan ubuntu sebagai aplikasi VoIP, IP telephony. dan Video conference dengan softphone. Aplikasi ini mendukung audio dan video yang di salurkan melalui Internet, dapat dilakukan oleh sesama user yang juga menggunakan SIP atau H.23. Ekiga kompatibel dengan windows Messenger dan beberapa apikasi VoIP. Berikut ini tampilan Ekiga di desktop Ubuntu Intrepid ;

Accessx-status

Menunjukkan aksesibilitas pengaturan keyboard, termasuk kondisi keyboard saat itu, jika ada fitur yg sedang berjalan, juga menampilkan preview yang dapat di print, sebagai panduan apabila anda kesulitan menggunakan keyborad asing anda ;

Battstat: Memantau penggunan power/konsumsi batere jika digunakan pada laptop ;

Character palette

Menyediakan cara mudah untuk mengakses karakter non-standar, seperti karakter, simbol matematika, simbol-simbol khusus, dan tanda baca ;

GNOME CPUFreq Applet: memantau frekuensi CPU ;

Geyes: sepasang mata yang mengikuti pergerakan mouse di layar ;

Keyboard layout switcher: memungkinkan Anda menggunakan keyboard yang berbeda layout ;

Mixer: volume control yg disempurnakan ;

Modem Monitor: memantau kinerja modem ;

System monitor: memantau kinerja CPU, memory, network, swap file dan resource lainnya ;

Weather report: melaporkan kondisi cuaca terkini langsung pada desktop ;

  • GNOME juga meningkatkan kemampuan file manager berbasis Tab bernama Nautilus, yang juga bisa menampilkan ikon untuk removable drive di sidebar;
  • Kemampuan nautilus sebagai file manager yang multi fungsi:
    • Fungsi mode Browser:
      1. Jendela File Browser: Pada mode ini anda akan dapat memanfaatkan Nautilus untuk melihat file file anda yang terdapat pada suatu direktori, dengan 3 mode view (Icon View,List View dan Compact View),masing masing-masing mempunyai keguanaan yang berbeda, misalkan penggunaan list View akan memudahkan kita untuk melihat informasi detil dari properties file, waktu pembuatan, ukuran file, author dan lain sebagainya.
      2. Menampilkan FIle Hidden/Unhidden Files, secara default Nautilus tidak akan menampilkan file yang atributnya hidden (file berawalan tanda titik didepannya ".*"), untuk lingkungan kerja desktop linux, file dengan awalan "." akan dianggap sebagai file hidden, untuk menampilkan file ini dengan langkah sebagai berikut:
        • Dengan GUI: View » Show Hidden Files
        • Dengan Shortcut: CRTL + H
      3. Menampilkan Location Bar: Bagian ini memudahkan anda untuk mengakses direktori yang ingin anda tuju, untuk menampilkan location bar dengan cara ViewLocation Bar. Ada 2 mode yang ditawarkan untuk location bar:
        • Tab Mode, ini semacam history apabila kita mengakses subfolder yang ada didalamnya akan secara otomatis terrecord di tab atas, direktori dianggap sebagai blok blok yang dapat diakses dengan cepat dengan mengklik pada blok yang ingin dikunjungi:
        • URL Mode, mode ini lebih disukai apabila kita sudah mengetahui lokasi file yang ingin kita akses, caranya dengan menuliskan alamat pada Location bar pada bagian atas sebagai berikut:
        1. Menampilkan beberapa lokasi sekaligus pada satu Jendela dengan menggunakan fasilitas Multi Tab pada Nautilus 2.24.1: Ubuntu intrepid ibex sudah menggunakan nautilus yang mendukung penggunaan Tab, seperti halnya pada konqueror atau mozilla firefox, dengan adanya tambahan fitur pada file manager ini akan lebih memudahkan kita dalam pengelolaan file dan manajemen lokasi, kita dapat mengakses lokasi tertentu pada masing-masing tab pada satu jendela saja. Untuk mennggunakan fasilitas Tab ini FileNew Tab atau dengan Short Cut CTRL + T:
        2. Menggunakan side panel untuk memudahkan navigasi anda: Bagian side panel secara defautt akan menampilkan direktory home dan device yang termounting di system, untuk menampilkan side panel dengan cara menchecklist ViewSide Panel atau dengan menggunakan Short Cut F9. Beberapa mode yang dapat kita gunkakan pada bagian side panel:
          • Mode Place : Pilih pada menu drop down bagian side panel pada mode Place. Mode ini menampilkan Home Directory, Device yang termounting dan Bookmark yang sudah kita buat. Bookmark adalah semacam shortcut untuk menuju lokasi tertentu yang ingin kita kunjungi, cara penambahan bookmark adalah dengan cara mengakses dauhulu lokasi yang ingin kita bookmark kemudian Pilih pada menu bar Bookmark » Add bookmark, nanti akan secara otomatis lokasi bookmark akan ditampilkan pada side panel dan dapat dengan cepat untuk mengakses lokasi tersebut.
          • Mode Information: Pada mode ini akan menampilkan informasi mengenai folder/lokasi yang anda kunjungi, informasi yang ditampilkan antara lain type dan jumlah file yang ada di dalamnya. Jika anda memiliki file manager lain seperti Dolphin, Konqueror atau Thunar, akan ditampilkan disini juga sebagai alternatif file manager.
          • Mode Tree : Menampilkan pohon direktori, kita dapat meilhat susnan direktori dengan membrowse pada file induk dan akan ditampilkan hierarkinya, ini akan memudahkan kita dalam mengingat lokasi, karena ditmpilkan secara visual, lain halnya dengan penggunaan mode place, kita harus benar-benar hafal lokasi yang ingin kita kunjungi.
          • Mode History : Menampilkan sejarah direktory yang sudah pernah kita kunjungi pada saat operasi menggunakan file browser, mode ini bermanfaat apabila kita melakukan operasi yang berulang-ulang pada direktori tertentu, juga sebagai pengingat lokasi mana saja yang sudah kita kunjungi.
          • Side Panel Note : Bagian ini kita dapat menambahkan catatan lokasi
          • Side Panel Emblems : Kita dapat menambahkan emblem pada direktori,cara memberikan emblem ini dengan drag emblems dari side panel ke direktori yang ingin kita beri emblem
        3. Menggunakan side panel untuk mounting dan unmounting media: Untuk menggunakan fasilitas mounting ini, side panel(F9) harus pada mode Places, pada media side panel akan ada icon yang digunakan untuk memount (memasang) device, seperti removable disk, hardisk atau media lainnya. untuk melepaskan removable media cukup dengan mengklik pada ikon umount pada bagian kanan Label device:
    • Fungsi mode Remote: fungsi ini mendukung untuk koneksi ke server via remote, dapat digunakan juga sebagai ftp manager, untuk mengakses koneksi dengan server lakukan File » Connect to Server pada jendela ini terdapat menu pilihan type koneksi yang dapat di pilih, dintaranya : SSH, FTP (with login), Public FTP , Windows Share (Samba), Webdav(HTTP), atau custom location. untuk terhubung dengan server silakan pilih koneksi yang tersedia dan masukkan informasi yang dibutuhka untuk dapat login, seprti :alamat IP atau Domain, user, password dan port:
      • Jika anda sudah terbiasa dengan custom location, maka koneksi ke server juga akan lebih mudah, cukup dengan mengetikkan pada url dengan alamat dan user yang ingin digunakan: misalkan penggunaan sebagai berikut:
        • koneksi via FTP : ftp://user@alamat-server.com
        • koneksi via SSH : ssh://user@alamat-server.com
        • koneksi via SFTP : sftp://user@alamat-server.com
  • Gnome 2,24 juga menyediakan banyak perangkat tambahan yang diperlukan untuk pengguna mobile, dengan dukungan Bluetooth yang lebih baik dan dukungan Offline untuk akses ke server Exchange menggunakan aplikasi Evolution.

X.Org 7.4

X.Org 7.4 pada Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex ini tidak memiliki banyak perubahan, namun X.Org 7.4 telah bisa menyelesaikan beberapa masalah yang terasa mengganggu, misalnya :

  • Dukungan Hotplug untuk perangkat input bisa bekerja dengan baik sekarang, sehingga anda dapat mencolokkan mouse dan tablets serta bisa langsung menggunakannya tanpa harus reboot;
  • Display Control yang lebih baik,User dapat mengatur resolusi dan penempatan layar untuk single dan multiple monitor dengan lebih mudah;
  • xserver-xorg-input-all akan hadir untuk menerima berbagai macam perangkat input;
  • Window System development libraries akan ikut disertakan;
  • X.Org X Window System akan hadir dengan level metapackages yang lebih tinggi. Hal ini akan memberikan peningkatan kinerja pada komponen standalone workstation untuk menjalankan X Window System.

Linux Kernel 2.6.27

Kernel 2.6.27, seperti biasa jika ada upgrade, menawarkan perpaduan antara peningkatan kinerja, penambahan fitur2 baru, dan dukungan untuk hardware baru, diantaranya :

  • Peningkatan kecepatan akses pada Ext4 file system;
  • support yang lebih baik untuk USB webcams;
  • Peningkatan daya tahan batere untuk mobile user;
  • 2.6.27 menghadirkan filesystem baru (UBIFS) dioptimalkan untuk media penyimpanan berbasis flash;
  • Ada banyak penambahan modules juga. anda akan melihat banyak perubahan jika sudanh menginstall dan membandingkan;
  • DKMS (by Dell) included dalam paket Ubuntu 8.10, memungkinkan driver kernel yang akan dibangun kembali secara otomatis ketika ada update kernel baru yang dirilis.

Encrypted Private Directory

Private Directory yang dienkripsi mungkin adalah fitur baru paling signifikan di Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex. Aplikasi ini membantu user dengan memberikan standar lokasi aman untuk menyimpan data sensitif menggunakan filesystem enkripsi, ~ / Private untuk setiap human user dengan permission 700.

Guest Session

User switcher panel sekarang memberikan entry tambahan untuk memulai sebuah sesi Tamu (guest session), dengan menyediakan temporary password-less user account dengan hak terbatas semisal :

  • Account ini tidak dapat mengakses semua ‘home direktori’;
  • Account ini tidak dapat menyimpan data secara permanen;
  • Ini adalah fitur yang sangat berguna bagi siapa saja yang sering meminjamkan komputer atau laptop kepada orang lain, karena kemanan data akan lebih terjamin.

Network Manager 0.7

Network Manager pada Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex ini merupakan perbaikan yang signifikan dari rilis sebelumnya. Menyediakan sejumlah fitur yang menarik seperti :

  • memungkinkan mesin Ubuntu anda terhubung ke jaringan sebelum user log in;
  • mendukung konektivitas 3G;
  • memungkinkan Multiple simultaneous connections;
  • Sets up PPPoE;
  • Manajemen devices dengan konfigurasi static IP;
  • Route management untuk devices;
  • Dukungan untuk Wifi yang jauh lebih baik dan dengan konfigurasi yang lebih mudah.

Berikut ini gambar tampilan Network Manager Pada ubuntu Intrepid Ibex ;

Samba 3.2

Samba 3.2 suite adalah kumpulan program yang menerapkan protokol SMB / CIFS untuk sistem unix, memungkinkan Anda untuk melayani sharing file dan printer ke Windows, NT, OS / 2 DOS dan klien. Iprotokol ini juga disebut sebagai LanManager atau protokol NetBIOS. Paket-paket yang terinstal di Samba 3.2 ini antara lain :

  • samba-common (Samba common files baik yang digunakan oleh server atau client)
  • samba-tools (tools yg disediakan oleh Samba suite)
  • smbclient (a LanManager-like simple client untuk Unix)
  • swat (Samba Web Administration Tool) dan lain2.

Samba 3.2 memberikan dukungan (support) yang lebih baik kepada user, misalnya :

  • clustered file server support
  • encrypted network transport
  • ipv6 support
  • Integrasi yang lebih baik dengan server dan klien dari versi terbaru Microsoft

Dukungan untuk Web Audio/Video yang lebih baik

Ubuntu saat ini mendukung pengaturan kualitas tinggi untuk YouTube. Selain itu pada Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex ini tersedia plugin baru untuk Totem movie player yang bisa mengunduh konten digital gratis dari BBC. Caranya :

  1. Jalankan Totem Movie Player dengan meng-klik pada menu ApplicationsSound & VideoMovie Player;
  2. Enable the plugin dengan klik EditPluginsBBC content viewer dan pilih BBC.

Live CD Installer Updates

Desktop installer menyajikan slide-show ketika menyalin file untuk menjelaskan konsep baru kepada pengguna sementara mereka menunggu. Desktop installer berisi banyak perangkat visual tambahan, seperti gambar tabel partisi dan password strength meter. LiveCD Acceleration Toolkit akan ikut disertakan

Live USB

Ubuntu mengembangkan aplikasi untuk mengkonversi Ubuntu CD images ke sebuah media flashdisk. sehingga akan lebih mudah untuk menginstal Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex ini pada sebuah flash disk.


0 Response to "TEntang ubuntu"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme